Rabu, 01 September 2010

Multimedia, part 2

Pemanfaatan multimedia
1. Pendidikan : video conference, ensyclopedia
2. Informasi : pariwisata, budaya, kesenian
3. Hiburan : Game
4. Kedokteran : x-ray scanner

Keunggulan Multimedia
1. Menarik perhatian
2. Media alternatif dan penyampaian pesan
3. Meningkatkan kualitas penyampaian informasi

Kelemahan Multimedia
1. Desain yang buruk akan menyebabkan kebingungan dan kebosanan
2. Kendala bagi orang yang kemampuannya terbatas
3. Tuntutan terhadap spesifikasi komputer memadai

Biasanya Multimedia didistribusikan secara online menggunakan perantara internet atau jaringan komputer namun distribusi multimedia dapat juga dilakukan dengan cara offline yaitu melalui CD-rom, flashdisk, dll


Bentuk presentasi Multimedia
1. Card based / pase based misalnya www, http://
2. Event based : harus ada eksekusi atau action dari pengguna dimisalkan menekan tombol untuk memulai
3. Time based : slide show misalnya menggunakan power point

Interaktif Multimedia
1. Integrasi dari berbagai macam media
2. Interaktif Multimedia merupakan kemampuan pemakai dalam mengendalikan komponen - komponen multimedia dan berinteraksi dengannya sesuai dengan kebutuhan.
Pengelompokkan Media Interface
1. Preference
2. Entertaiment dan games
3. Edutaiment dan infotaiment
4. Education
5. Coffee table title (ringkasan dari sebuah buku / resensi)
6. Humor
7. Demos dan Sampler
8. Vertikal market
9. Phornography

Interaksi Multimedia
1. Interaksi fisik merupakan segala tindakan yang menyebabkan perubahan dalam dunia fisika. Misalnya boxing
2. Interaksi komunikasi merupakan segala tindakan yang menyebabkan perubahan secara mental

Sejarah singkat komputer dan multimedia
1. Tape control device misalnya kaset tape, layar tancap
2. Pyranching sistem misalnya menggunakan sistem bercabang
3. Computer presented media

Hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan aplikasi multimedia
1. Siapa target / audience
2. Apa tujuan program
3. Apa struktur / isi program
4. Komponen apa saja yang dipakai
5. Tingkat interaksi yang diharapkan antara user dalam komputer
6. Tingkat respon pemakai yang diharapkan

Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar